Evaluasi Kualitas Layanan Informasi Website Universitas Brawijaya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-S-Qual Dan E-Recs-Qual

Main Author: Fuadi, Mochammad Valdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2908/1/Mochammad%20Valdi%20Fuadi.pdf
http://repository.ub.ac.id/2908/
Daftar Isi:
  • Kualitas layanan informasi website Universitas Brawijaya merupakan aspek penting bagi Universitas Brawijaya dalam menyediakan informasi kepada penggunanya. Konsep kualitas layanan informasi yang baik dan sesuai kebutuhan pengguna akan memengaruhi kepuasan pengguna dan Perceived Value. Penelitian ini menggunakan model konseptual dari E-S-Qual dan E-Recs-Qual untuk mengukur kualitas layanan informasi website Universitas Brawijaya dan mengetahui pengaruh model tersebut terhadap kepuasan pengguna dan Perceived Value. Pengukuran kualitas layanan informasi website Universitas Brawijaya menggunakan 8 variabel yang diusulkan dari E-S-Qual dan E-Recs-Qual antara lain Efficiency, System Availability, Privacy, Fulfillment, Web Appearance, Personalization, Responsiveness, dan Contact. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi terhadap hasil temuan yang didapat dengan menggunakan standard ISO/IEC 9126. Metode pengambilan data penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner terhadap responden dalam hal ini mahasiswa Universitas Brawijaya. Teknik analisis korelasi dan kekuatan korelasi antara variabel laten atau konstruk menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel System Availability dan Contact merupakan variabel yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan perceived value disebabkan variabel tersebut menghasilkan nilai critical ratio kurang dari 1,96 pada tahapan structural model fit.