Prediksi Rating Pada Review Produk Kecantikan Menggunakan Metode Naïve Bayes Dan Categorical Proportional Difference (CPD)
Main Author: | Rosi, Fathor |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2905/1/Rosi%2C%20Fathor.pdf http://repository.ub.ac.id/2905/ |
Daftar Isi:
- Produk kecantikan pada saat ini menjadi hal yang populer di berbagai kalangan, terutama pada kalangan wanita. Hampir kebanyakan dari mereka memiliki produk kecantikan dan termasuk sebagai kebutuhan utama untuk menunjang penampilan mereka yang lebih baik lagi. Adanya suatu produk tidak terlepas dari sebuah komentar atau review dari konsumen untuk produk tersebut. Tentunya dengan adanya review tersebut bisa membantu konsumen untuk lebih selektif lagi dalam memilih suatu produk. Dan dari pihak produksi bisa terbantu untuk mengukur seberapa jauh kualitas produk yang mereka hasilkan. Namun dari pihak produksi sendiri terkadang mengalami kesulitan dalam memilah dan mengkategorikan review, apakah produk tersebut kualitasnya tergolong bagus, cukup bagus, tidak bagus, dan sebagainya. Dalam penelitian ini penilaian suatu produk berdasarkan review yang diberikan adalah rating. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem prediksi rating untuk memprediksi dan menentukan rating yang tepat berdasarkan review yang diberikan oleh user terhadap suatu produk. Untuk mendukung sistem yang dibangun dibutuhkan metode untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Naïve Bayes dan Categorical Proportional Difference. Naïve Bayes adalah metode untuk klasifikasi sedangkan Categorical Proportional Difference adalah seleksi fitur untuk lebih mengoptimalkan hasil dari klasifikasi. Dari hasil pengujian, didapat tingkat akurasi terbaik pada saat penggunaan fitur sebesar 50% dengan tingkat akurasi sebesar 87%. Hasil tersebut adalah hasil terbaik dari hasil dengan rasio penggunaan fitur yang lain yaitu sebesar 25%, 75% dan 100%. Dari hasil tersebut CPD terbukti bisa melakukan pemilihan kata yang dianggap relevan maupun tidak relevan untuk dilakukan klasifikasi.