Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan Produk Ekspor (Studi Pada Perusahaan Kerajinan Bunga Kering Ud Azizah Florist Malang)

Main Author: Dewi, Elviana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2892/1/ELVIANA%20DEWI.pdf
http://repository.ub.ac.id/2892/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh bauran promosi terhadap penjualan produk ekspor. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Periklanan (X1), Penjualan Personal (X2) dan Promosi Penjualan (X3) terhadap variabel dependen Penjualan Ekspor (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelasan atau explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan data time series dari biaya periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan volume penjualan produk ekspor. Sebanyak 18 data variabel dari kuartal I 2011-kuartal III 2016 dijadikan sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,527 yang berarti variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 52,7% dan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen Periklanan, Penjualan Personal dan Promosi Penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penjualan ekspor. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Promosi Penjualan merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap penjualan ekspor. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel promosi penjualan terhadap peningkatan nilai penjualan produk ekspor memiliki pengaruh paling dominan dibanding variabel lainnya. Oleh karena itu, disarankan kepada perusahaan untuk semakin meningkatkan kegiatan tersebut agar volume dan omzet penjualan perusahaan lebih meningkat. Dalam rangka peningkatan nilai penjualan yang maksimal, diharapkan perusahaan juga mencari faktor lain selain kegiatan promosi, misalnya dengan strategi penetapan harga yang baik, peningkatan kualitas dan inovasi produk, dan lain sebagainya.