Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM

Main Author: Zulfata, Ghaniyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2815/1/Ghaniyu%20Zulfata.pdf
http://repository.ub.ac.id/2815/
Daftar Isi:
  • Mengelola hubungan dengan pelanggan merupakan salah satu strategi perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap penggunaan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Persaingan bisnis yang semakin berkembang pesat dan perkembangan teknologi informasi menjadi alasan perusahaan untuk mengubah pemikiran perusahaan terhadap bisnis, yang dulunya berorientasi pada keuntungan ke arah faktor-faktor potensial seperti tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini mendorong perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam memelihara hubungan baik dengan pelanggan agar dapat terbentuk loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun perangkat lunak Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada toko sepatu Aneka Sport Malang dengan menggunakan metode framework dynamic of Customer Relationship Management yang digunakan sebagai teknologi yang dapat membantu pihak toko mengelola hubungannya dengan para pelanggan sehingga pelanggan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan informasi yang pada akhirnya akan dapat terbentuk loyalitas pelanggan. Metode framewok dynamic of CRM digunakan untuk menganalisis kebutuhan sistem berdasarkan informasi yang didapat dari pelanggan, untuk pelanggan dan oleh pelanggan. Pada implementasi perangkat lunak ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dan dibangun berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Pada pengujian fungsional, perangkat lunak ini diuji dengan menggunakan white-box testing yang menunjukkan bahwa 3 fungsi dapat berjalan dengan tepat dan black-box testing menunjukkan 23 fungsi berjalan dengan baik. Sedangkan pada pengujian non-fungsional, perangkat lunak ini diuji dengan menggunakan pengujian kompatibilitas yang menunjukkan sistem dapat berjalan dengan baik pada 8 jenis perambah web, dan pengujian user acceptance yang menunjukkan hasil 81,9% pengguna setuju menggunakan sistem E-CRM Aneka Sport, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak ini telah berhasil dikembangkan sesuai dengan perancangan dan dapat diterima oleh pengguna.