Evaluasi Kinerja Operasional dan Pelayanan Kereta Api Penataran, Stasiun Gubeng dan Malang Kota Baru
Main Author: | Ananda, Raihanah Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2785/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/2785/2/11.%20BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/2785/3/12.%20BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/2785/4/13.%20BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/2785/5/14.%20BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/2785/6/15.%20BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/2785/7/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/2785/ |
Daftar Isi:
- Perkeretaapian saat ini telah menjadi pilihan penumpang dalam bertransportasi jarak dekat maupun jarak jauh karena dapat menampung penumpang dalam jumlah banyak dan bebas hambatan. KA Penataran merupakan salah satu kereta api yang melayani perjalanan jarak dekat yaitu Malang-Surabaya dan sebaliknya. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, fasilitas-fasilitas yang ada di KA Penataran masih ada yang belum sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja operasional dan kinerja pelayanan KA Penataran beserta Stasiun Gubeng dan Stasiun Malang Kota Baru. Evaluasi tersebut menggunakan SPM dengan membandingkan kondisi eksisting fasilitas-fasilitas dengan standar-standar di SPM, dan Metode Kano dengan mengukur kepuasan dan kepentingan penumpang terhadap fasilitas-fasilitas yang ada sehingga didapatkan arahan peningkatannya. Prioritas arahan peningkatan kinerja operasional KA Penataran adalah dengan penambahan 2 buah kereta, penambahan 2 trip perjalanan, perbaikan dan perawatan KA serta peningkatan kecepatan KA menajdi 60 km/jam. Prioritas arahan peningkatan kinerja pelayanan KA Penataran adalah penyediaan 1 perlengkapan P3K, peningkatan kualitas pelayanan petugas, perbaikan fasilitas-fasilitas yang rusak, penambahan 1 LED Display, penyediaan ramp di pintu kereta dan penyediaan CCTV. Prioritas arahan peningkatan kinerja pelayanan Stasiun Gubeng adalah penambahan 15 tempat duduk di ruang penjualan tiket, penambahan 4 pendingin ruangan, penyediaan 1 set alat pemadam kebakaran, penyediaan tangga platform, penyediaan perlengkapan P3K, penyediaan informasi angkutan lanjutan, penyediaan fasilitas ibu menyusui dan peningkatan fasilitas free charging. Priortias arahan peningkatan kinerja pelayanan Stasiun Malang Kota Baru adalah penambahan ruang untuk ruang tunggu 85 m2, perbaikan ruang parkir seluas 960 m2, penyediaan 1 set alat pemadam kebakaran, penyediaan perlengkapan P3K, penyediaan informasi angkutan lanjutan, penyediaan ramp bagi penumpang difabel, penyediaan tangga platform, penyediaan fasilitas untuk ibu menyusui dan peningkatan fasilitas free charging.