Analisis Pengaruh User Experience Ride Sharing Application Terhadap Citra Merek Pada Pengguna Android Dan IOS
Main Author: | Alrio, Yudhistira Serdiansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2778/1/Yudhistira%20Serdiansyah%C2%A0Alrio.pdf http://repository.ub.ac.id/2778/ |
Daftar Isi:
- Pada saat ini salah satu perangkat di dunia yang sering digunakan dalam aktivitas komunikasi pemasaran maupun pembangunan merek secara online adalah aplikasi, aplikasi dianggap sebagai representasi merek yang dapat ditemukan oleh penggunanya dengan mudah selama 24 jam setiap hari, kapan pun pengguna merasa membutuhkan interaksi dengan merek tersebut. User Experience atau pengalaman pengguna yang didapatkan pengguna melalui partisipasi dan keterlibatan di dalam penggunaan aplikasi memiliki kemungkinan untuk ditangkap lebih kuat dibandingkan pengalaman yang didapatkan pengguna dari media konvensional lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh user experience terhadap citra merek, kemudian mengetahui tingkat pengaruh user experience terhadap citra merek, dan mengetahui besarnya pengaruh user experience terhadap citra merek. Penelitian ini menggunakan metode yang dijabarkan oleh De Angeli dengan menggunakan tujuh dimensi yang digunakan untuk mengukur user experience yaitu: Usability, pleasure, dan Content (IQS), serta perceived Usability, classical aesthetics, expressive aesthetics, dan service quality (PVA). Dengan meneliti pada pengguna Android dan iOS, serta metode yang dijabarkan oleh keller dengan menggunakan tiga dimensi untuk mengukur citra merek yaitu: Kekuatan asosiasi merek (strength of brand association), Keuntungan asosiasi merek (favorability of brand association), Keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand association). Adapun sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data-data primer yang berasal dari kuesioner. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa user experience pada ride sharing application tidak mempunyai pengaruh terhadap citra merek ride sharing application, kemudian tingkat korelasi yang tinggi user experience terhadap citra merek menjelaskan bahwa user experience mempunyai pengaruh terhadap citra merek, dan user experience mempunyai pengaruh sebesar 29,40% pada pengguna Android dan 52,10% pada pengguna iOS terhadap citra merek.