Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan silabus mata kuliah bahasa Inggris untuk program studi Ekonomi Pembangunan Universitas Brawijaya. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (R & D). Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sebagai dasar penulisan silabus mata kuliah bahasa Inggris, 55 mahasiswa dari prodi Ekonomi Pembangunan diminta menjawab pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner. Dosen bahasa Inggris dan staf pengajar prodi Ekonomi Pembangunan diwawancara dengan tujuan yang sama. Silabus ini dibuat berdasarkan informasi yang didapat dari mahasiswa, staf pengajar, pimpinan prodi Ekonomi Pembangunan, dosen bahasa Inggris, dan analisa dokumen terkait dengan penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan adalah model Borg and Gall (2003). Program Pengembangan Bahasa (LPD) oleh Yalden (1987) dipilih sebagai model pengembangan silabus. Terkait dengan tujuan utama penelitian ini, beberapa modifikasi dilakukan terhadap model ini. Tahapan prosedur ini meliputi analisa kebutuhan, merumuskan prinsip pengembangan silabus, tahap pengembangan silabus, validasi oleh ahli, revisi produk berdasarkan komentar dari ahli, dan pembuatan produk akhir. Silabus yang diajukan berisi kempetensi standar, kompetensi dasar, indicator, topic atau materi, kegiatan pembelajaran, media, asesmen, alokasi waktu, dan sumber materi pembelajaran. Silabus yang diajukan ini divalidasi oleh dua ahli desain silabus yang juga pengajar di prodi Ekonomi Pembangunan yang menguasai isi dan bahasa Inggris untuk memeriksa kelayakan topik-topik pada silabus yang diajukan. Verifikasi lebih lanjut dilakukan dengan melakukan uji coba terhadap silabus yang diajukan untuk membuat rencana pengajaran berdasarkan silabus. Terkait dengan metodologi, hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berupa membaca teks berbahasa Inggris, presentasi, mengerjakan latihan dalam kelompok, dan mengerjakan latihan berpasangan. Sehubungan dengan materi, pengajar bahasa Inggris disarankan untuk mengembangkan materi yang berisi menyimak, membaca, berbicara, dan menulis, serta latihan-latihan lain. Silabus content-based dipilih untuk menjaga motivasi pembelajar dalam belajar bahasa Inggris dan memotivasi pengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris. Ketersediaan silabus mata kuliah bahasa Inggris yang layak untuk mahasiswa prodi Ekonomi Pembangunan dalam program bahasa akan membuat pengajar bahasa Inggris lebih mudah untuk melakukan proses kegiatan belajar mengajar pada kegiatan yang nyata di kelas.