Implementasi Procedural Generation Untuk Membangun Level Tactical Rpg Dengan Menggunakan Metode Occupancy Regulated Extension
Daftar Isi:
- Pembangkitan Konten Secara Prosedural (PCG) adalah sebuah pembuatan konten berdasarkan suatu metode tertentu yang menyebabkan konten tersebut dapat dibangkitkan secara otomatis, dan dapat meringankan beban dari para artist dan Content Designer. PCG sendiri dapat membangkitkan konten secara otomatis sehingga membuat konten akan menjadi lebih sulit diprediksi yang akan membangkitkan rasa penasaran player dan memperpanjang umur dari game. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembangkitan konten adalah Occupancy-Regulated Extension (ORE) yang digunakan sebagai pembangkit level yang tidak bergantung pada genre game. Namun diantara banyak genre yang ada, genre Tactical RPG (TRPG) yang memiliki level berbentuk grid dua dimensi belum banyak diterapkan PCG untu membangkitkan level. Berdasarkan hal tersebut, akan diterapkan Procedural Content Generator untuk level Tactical RPG dengan menggunakan metode Occupancy Regulated Extension. Berdasarkan penerapan metode tersebut akan diuji dengan mengukur Expressiveness Range berupa nilai Linearity dari level yang dibangkitkan yang kemudian dinormalisasi dengan Acceptability Range untuk mempermudah analisis. Pengujian Expressiveness Range tersebut menghasilkan 93% data dengan Acceptability Linearity marginal tinggi yang berarti penerapan metode menghasilkan level dengan tingkat variasi yang cukup .