Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2016)
Main Author: | Rahmah, Vega Silvia Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2680/1/Vega%20Silvia%20Nur%20Rahmah.pdf http://repository.ub.ac.id/2680/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 23 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016, yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan pengungkapan CSR dapat meningkatkan profitabilitas dan nilai perusahaan. Hal ini berarti dengan melakukan CSR perusahaan mendapat legitimasi dari masyarakat dan dukungan dari para stakeholder, sehingga kegiatan operasional perusahaan akan terus berjalan dengan baik. Kegiatan operasional yang berjalan dengan baik akan meningkatkan profitabilitas dan nilai perusahaan.