Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan Dan Resiko Pada Niat Perilaku Konsumen Dalam Bertransaksi Menggunakan Online Ticket Agent XYZ

Main Author: Firjatulloh, Nurma Abadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2654/1/Nurma%20Abadi%20Firjatulloh.pdf
http://repository.ub.ac.id/2654/
Daftar Isi:
  • E-Commerce merupakan kegiatan transaksi bisnis yang dilakukan dengan memanfaat teknologi yaitu jaringan internet atau biasa disebut transaksi online. Saat ini industri penjualan tiket atau agen travel juga memanfaatkan transaksi penjualan secara online. Salah satu perusahaan di Indonesia yang juga memanfaatkan transaksi bisnis online yaitu Online Ticket Agent XYZ. Online Ticket Agent XYZ merupakan salah satu situs e-commerce dalam bidang penjualan tiket atau agen travel terbesar di Indonesia. Meskipun transaksi secara online semakin diminati, model transaksi seperti ini tak selalu aman bahkan rentan terhadap tindakan penipuan. Telah ada beberapa laporan konsumen Online Ticket Agent XYZ yang merasa dirugikan saat bertransaksi menggunakan situs tersebut, hal seperti ini dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen untuk melakukan transaksi menggunakan situs Online Ticket Agent XYZ. Penelitian ini mengusulkan model yang didasarkan dari tiga jurnal penelitian sebelumnya terdiri dari 16 dimensi yaitu A Consumer Trust, Intention to Purchase, Consumer Disposition to Trust, Presence of a Thirtd Party, Perceived Privacy Protection, Perceived Security Protection, Information Quality, Positive Reputation of Selling Party, System Reliability, Familiarity, Ease of Use, Perceived Risk, Financial Risk, Time Risk, Privacy Risk dan Overall Risk. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen (A Consumer Trust) dan resiko yang dirasakan konsumen (Perceived Risk) mempengaruhi niat konsumen untuk bertransaksi (Intention to Purchase) menggunakan situs Online Ticket Agent XYZ.