Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Museum (Survei Pada Wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur)
Main Author: | Royanti, Imelda Kartini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2641/1/Bagian%20Depan.pdf http://repository.ub.ac.id/2641/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/2641/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/2641/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/2641/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/2641/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/2641/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/2641/ |
Daftar Isi:
- Salah satu tempat wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Angkut. Museum Angkut berisi alat angkutan dari seluruh penjuru dunia mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Museum Angkut mempunyai konsep yang lebih modern dari museum lainnya, dengan menampilkan beragam kendaraan serta desain interior dan ekterior yang menarik. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepercayaan (X4) dan Sikap (X5). Variabel terikat yang digunakan pada penelitian ini yaitu Keputusan Berkunjung (Y). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui, dan menjelaskan pengaruh psikologis wisatwan terhadap keputusan berkunjung ke Museum Angkut. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung tempat wisata Museum Angkut dan yang sudah menikmati wahana, fasilitas, serta pelayanan yang diberikan sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 112 responden dengan teknik digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa nilai t tes Motivasi (X1) yaitu 2,024, nilai t tes Persepsi (X2) yaitu 2,318, nilai t tes Pembelajaran (X3) yaitu 2,176, nilai t tes Kepercayaan (X4) yaitu 2,053 dan nilai t hitung Sikap (X5 ) yaitu 2,938. Hasil uji F menunjukan bahwa variabel terikat dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas. Hasil T tes dari variabel Sikap (X5) menunjukan bahwa sikap memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan berkunjung (Y). Bedasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan, adapun saran yang dapat diberikan yaitu Museum Angkut diharapkan terus melakukan promosi baik melalui media cetak maupun media elektronik. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ada baiknya Museum Angkut terus berinovasi dengan menampilkan hal-hal yang baru. Adanya hasil pengujian yang menunjukan bahwa sikap merupakan pengaruh yang paling dominan maka dari itu, dengan melakukan promosi dan inovasi diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan emosi yang positif terhadap wisatawan yang dapat ditunjukan melalui sikapnya. Sehingga kepercayaan dan emosi positif yang timbul diharapkan dapat memberikan masukan untuk orang sekelilingnya.