Analisis Pengaruh Pengetahuan Merek Terhadap Minat Beli Pada Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)
Main Author: | Alqadrie, Syarifah Soraya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2629/1/Syarifah%20Soraya%20Alqadrie.pdf http://repository.ub.ac.id/2629/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel pengetahuan merek yang terdiri dari kesadaran merek dan citra merek, terhadap minat beli smartphone Samsung Galaxy series. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel-variabel melaluli pengujian hipotesis. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 210 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas, semua indikator pada penelitian ini dinyatakan valid dan reliable serta dinyatakan lolos dari uji asumsi klasik. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa minat beli pada smartphone Samsung Galaxy series dipengaruhi oleh pengetahuan merek sebesar 67,9% dan sisanya yaitu sebesar 32,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Berdasarkan persamaan regresi, dapat diketahui bahwa variabel kesadaran merek dan citra merek secara simultan dan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dan citra merek merupakan variabel dominan yang mempengaruhi minat beli konsumen.