Analisis Bullwhip Effect Distributor dan Retailer pada Produk Sayuran Non Organik di CV. Rodeo Fresh
Main Author: | Fikriya, Dini Maulida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2606/1/Dini%20Maulida%20Fikriya.pdf http://repository.ub.ac.id/2606/ |
Daftar Isi:
- CV. Rodeo Fresh merupakan perusahaan distributor sayuran dan buah. Perusahaan ini memiliki order terbanyak pada item sayuran non organik, yaitu kangkung akar ikat, bayam hijau, bayam merah, dan caisim. Untuk penjualannya, perusahaan ini memiliki 13 retailer yang tersebar di kota-kota besar di Jawa Timur. Sedangkan perusahaan ini memiliki satu supplier petani sayuran non organik. Koordinasi informasi yang kurang baik antara perusahaan dan retailer membuat informasi tidak tersampaikan dengan baik, sehingga hal tersebut menimbulkan distorsi informasi yang berakibat pada bullwhip effect. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan data demand dan order tingkat retailer dan distributor pada tahun 2014-2016. pada identifikasi bullwhip effect tingkat distributor, meliputi tiap produk pada distributor (BE1) dan tiap echelon (BE2). Sedangkan untuk identifikasi bullwhip effect tingkat retailer meliputi tiap produk tiap retailer (BE1), tiap produk agregasi retailer (BE2), tiap retailer agregasi produk (BE3), dan tiap echelon (BE4). Berdasarkan hasil identifikasi nilai bullwhip effect dilakukan analisis penyebabnya menggunakan fishbone diagram. Setelah itu diberikan saran terhadap rekomendasi perbaikan dengan memperjelas aliran informasi baik dari hulu ke hilir maupun dari hilir ke hulu. Selain itu juga melakukan informasi dari hilir ke hulu setidaknya sebulan sebelum pengiriman dan melakukan survey pasar.