Enhancing The Students Vocabulary Mastery By Using Riddles Game At SMP Ar-Rohmah Putri Dau
Main Author: | Octaviarnis, Imroatin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2515/1/IMROATIN%20OCTAVIARNIS.pdf http://repository.ub.ac.id/2515/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan di SMP Ar-Rohmah Putri Dau yaitu di kelas 7 H terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan pada kosakata. Misalnya, ketika guru memberi materi dengan menggunakan bahasa Inggris, siswa kesulitan dalam mengerti penjelasan guru dikarenakan kurangnya kosakata yang dimiliki. Selain itu, jarangnya siswa membaca buku bahasa Inggris dan fasilitas internet tidak diperbolehkan di pondok. Kemudian, peneliti mengusulkan permainan tebak-tebakkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana permainan tebak kata meningkatkan kosakata siswa di SMP Ar-Rohmah Putri Dau” Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kelas sebegai desain penelitian. Penelitian ini terdiri dari 4 langkah: Rancangan penelitian, melaksanakan penelitian, megamati, refleksi penelitian. Terdapat satu siklus dalam penelitian ini yang terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas 7 H. Peneliti menggunakan instrumen seperti; wawancara, angket, pengamatan, catatan penelitian dan tes kosakata Jenis kriteria keberhasilan yaitu 70% siswa kelas 7 H mendapatkan nilai diatas 80. Adapun rata-rata nilai dari pasca tes yaitu 93,54% siswa berhasil melewati kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil dari angket, siswa tertarik dengan permainan tebak kata selama proses pembelajaran dan bertambahnya kosa kata setelah diadakannya permainan kosakata. Berdasarkan penelitian ini, merekomendasikan guru bahasa Inggris untuk menggunakan permainan tebak-tebakan sebagai teknik alternatif dalam mengajarkan kosa kata Untuk siswa, siswa dapat mengaplikasikan permainan ini diluar kelas. Untuk peneliti selanjutnya, permainan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam meningkatkan kosakata siswa dalam pembeljaran bahasa Inggris.