Efektivitas Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 01 Batu Tahun Ajaran 2016/2017

Main Author: Utami, Riska Yulia Budi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2498/1/RISKA%20YULIA%20BUDI%20UTAMI%20.pdf
http://repository.ub.ac.id/2498/
Daftar Isi:
  • Pemilihan media pembelajaran yang tepat akan menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran harus dipilih dengan tepat agar dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan mudah dan efektif maupun peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi tentang pembelajaran bahasa Jepang yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 01 Batu, proses penyampaian materi pembelajaran masih belum bisa memanfaatkan secara maksimal media pembelajaran. Media untuk penyampaian isi materi pembelajaran yang sering digunakan adalah power point (PPT). Oleh karena itu, perlu penggunaan media untuk menarik minat dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media permainan ular tangga pada siswa kelas X, (2) mengetahui keefektivan media permainan ular tangga, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap media permainan ular tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model prosedural mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall dengan 9 tahap penelitian. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh guru kelas X Bahasa SMA Negeri 01 Batu dengan dua kriteria, yaitu: kriteria media dan kriteria media. Uji coba media pembelajaran dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: uji coba awal, uji coba utama, dan uji coba operasional. Pengumpulan data dilakukan dengan angket penilaian, tes, dan kuisioner tanggapan siswa. Teknik analisis data meliputi teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga cukup efektif digunakan. Hal ini berdasarkan pada hasil penilaian validasi media dan hasil tes yang dilakukan siswa. Hasil penilaian berdasarkan kriteria media diperoleh presentase sebesar 84% dengan kategori cukup efektif dan kriteria materi diperoleh presentase sebesar 75% dengan kategori cukup efektif. Rata-rata penilaian media sebesar 80% dengan kategori cukup efektif. Hasil ketuntasan pre-test mencapai 16,7% dan hasil ketuntasan post-test mencapai 100%. Selain itu, respon siswa terhadap media permainan ular tangga memberikan tanggapan yang sangat baik dan baik dengan presentase masing-masing sebesar 41,7% dan 58,3%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tertarik untuk menggunakan media permainan ular tangga sebagai media dalam proses pembelajaran.