The Students’ Perception On Story Telling In Learning Speaking At English Language Education Program Batch 2016 Universitas Brawijaya

Main Author: Rahmasari, Nur Alifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2481/1/Rahmasari%2C%20Nur%20Alifah.pdf
http://repository.ub.ac.id/2481/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membicarakan tentang persepsi siswa terhadap penggunaan “storytelling” dalam belajar berbicara. Penelitian ini dilaksanakan di Program Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2016 Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi siswa terhadap storytelling dalam belajar berbicara di Program Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2016 Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data diambil melalui, angket untuk mahasiswa dan wawancara untuk dosen. Peneliti menggunakan Linkert Scale untuk menganalisa angket yang di peroleh dari mahasiswa. Pada wawancara peneliti mewawancari salah satu mahasiswa untuk mengetahui teknik belajar mereka dalam menggunakan “storytelling” pada pembelajaran berbicara. Subjek yang digunakan dalam penilitian ini adalah 30 mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris Angakatan 2016. Wawancara dilaksanakan sekali pada satu mahasiswa. Hasil penemuan dari penelitian ini menunjukan Bahasa belajar berbicara menggunakan “storytelling” dapat respon positif dari siswa. Siswa mengatakan, belajar menggunakan “storytelling” dapat membuat siswa lebih mengerti materi, melatih kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan informasi tentang cerita dengan cara mempraktikannya di depan teman mereka. Peneliti menyarankan, seharusnya guru mengerti tentang persepsi siswa, hal ini bertujuan untuk meminimalsilir kesalahpaham antara tujuan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa inggris. Peneliti berharap siswa mau untuk belajar lebih giat lagi untuk mengerti lebih dalam tentang Bahasa inggris dan mempraktikannya di kehidupan nyata. dan juga peneliti berharap semoga penelitian ini bisa memberikan inspirasi pada peneliti lainnya yang tertarik untuk membuat atau mengembangkan kembali peneilitian tentang persepsi.