The Physical Classroom Environment For English Language Teaching And Learning Activities At Sma Negeri 02 Batu
Main Author: | Yunarti, Risda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2456/1/RISDA%20YUNARTI.pdf http://repository.ub.ac.id/2456/ |
Daftar Isi:
- Manajemen ruang kelas adalah salah satu elemen penting yang mendukung aktifitas belajar dan mengajar di dalam ruang kelas. Di dalam manajemen ruang kelas ada beberapa aspek tetapi di penelitian ini peneliti hanya fokus pada satu aspek yaitu lingkungan fisik ruang kelas. Lingkungan fisik ruang kelas adalah suatu susunan sebuah ruang kelas yang mana terdapat, properti, suara, penglihatan, kenyamanan, susunan kursi, penggunaan papan tulis dan alat-alat. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dalam menginvestigasi lingkungan fisik ruang kelas di SMA Negeri 02 Batu, penelitian ini dilakukan dengan menggunkan tiga instrumen; daftar observasi, wawancara, dan angket siswa yang di adaptasi dan diambil dari Brown (2000) dan Burden (1995) Teaff (2007) dan juga di validasi oleh dosen Classroom Management. Untuk daftar observasi peneliti langsung mengambil dari pernyataan para ahli dan untuk wawancara dan angket siswa, peneliti menyiapkan 23 pertanyaan berdasarkan pernyataan para ahli. Subyek penelitian ini adalah XI IIS 1 yang mana adalah kelas laboratorium, Miss Inna Nivanti selaku guru bahasa Inggris XI IIS 1, dan 11 orang siswa dari XI IIS 1. Objek dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan suana lingkungan fisik ruang kelas dari XI IIS 1. Hasil akhir dari investigasi menggunakan data triangulasi dari tiga instrumen; daftar observasi, wawancara dan angket siwa menggambarkan setiap sub-aspek dari lingkungan fisik ruang kelas seperti properti, suara, penglihatan, keyamanan, susunan kursi, penggunaan papan tulis dan alat-alat. Lingkungan fisik ruang kelas dari XI IIS 1 belum cukup efektif untuk mendukung aktifitas belajar mengajar.