The Teaching Of Reading Comprehension Using Jigsaw Technique For First Year Students At Smp Negeri 1 Madiun
Main Author: | Udina, Elizabeth Temmy Mustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2439/1/ELIZABETH%20TEMMY%20MUSTIKA%20UDINA.pdf http://repository.ub.ac.id/2439/ |
Daftar Isi:
- Membaca adalah salah satu skill yang akan dipeljari oleh siswa karena itu adalah proses belajar untuk memindahkan informasi dari penulis kepada pembaca dari bacaan yang ditulis oleh penulis. Membaca adalah salah satu keahlian yang harus dikuasi di dalam pembelajaran karena hal ini adalah kebiasaan yang sangat bagus dan memiliki banyak keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah dapat memperluas pengetahuan. Membaca dapat diartikan sebagai proses interaktif antara pembaca dan juga bacaan, yang mana hal itu terjadi secara otomatis. Salah satu teknik mengajar membaca adalah dengan menggunakan teknik jigsaw. Tujuan diadakan penelitian ini adlah untuk mengetahui teknik jigsaw yang digunakan oleh Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Madiun. Penelitian ini merupakan studi khusus yang dijelaskan dengan mendeskripsikan kasus tersebut. Subjek penelitian yang digunkana oleh peneliti yaitu satu Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Madiun. Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Peneliti mengobservasi teknik jigsaw yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, mewawancarai guru bahasa inggris tersebut dan juga mendokumentasikannya. Hasil dari penelitian ini adalah guru bahasa inggris menggunkan teknik jigsaw untuk mengajar bahasa inggris untuk membuat siswa merasa senang dan memahami teks bacaan mereka. Berdasarkan hasil dari penelitian ini guru bahasa inggris menggunakan teknik jigsaw untuk membuat siswa mendapatkan nilai yang baik dan siswa dapat memiliki prestasi dalam bahasa inggris khususnya keahlian membaca. Maka dari itu disarankan untuk guru menggunakan jigsaw teknik dalam mengajar membaca dan untuk para peneliti selanjutnya dapat menggunakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan efektif.