Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Teknik Project Based Learning Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Malang
Main Author: | Nevilia, Ghenia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2430/1/GHENIA%20NEVILIA.pdf http://repository.ub.ac.id/2430/ |
Daftar Isi:
- Ditemukan masalah dalam proses pembelajaran menulis teks biografi di kelas VIII SMPN 15 Malang. Siswa kesulitan untuk menulis teks biografi karena kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai riwayat hidup seorang tokoh. Siswa juga tidak memahami dalam memaparkan isi dari masing-masing struktur teks biografi. Selain itu, dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media dan teknik pembelajaran sehingga siswa cepat merasa bosan dan tidak bersemangat dalam menerima pembelajaran yang diberikan. Teknik project based learning dipilih untuk membantu kesulitan yang dialami siswa dalam menulis teks biografi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan subjek siswa kelas VIII A SMPN 15 Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik tes dan nontes yang terdiri dari observasi, wawancara, dan angket. Pada proses penelitian juga dilakukan observasi guru dan siswa dalam setiap siklusnya. Observasi guru dan siswa merupakan penilaian yang dilakukan observer pada guru dan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hasil aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 92 dan siklus II memperoleh nilai 98. Sedangkan hasil aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 81 dan siklus II memperoleh nilai 94. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks biografi melalui teknik project based learning dapat dikatakan berhasil dan meningkat pada setiap siklusnya. Peningkatan menulis teks biografi terlihat pada hasil setiap siklus, yaitu pada prasiklus ketuntasan siswa mencapai nilai KKM 13,3%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 34% dan siklus II mencapai 83%. Kesimpulannya teknik project based learning dapat meningkatakan keterampilan menulis teks biografi dan diharapkan guru dapat menerapkannya dalam proses pembelajaran teks biografi agar dapat membantu kesulitan siswa dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.