Analisis Deformasi dan Tegangan Chassis Prototype Mobil Listrik APATTE-62 Dengan Menggunakan FEM
Main Author: | Nadya, Mesti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2367/1/MESTI%20NADYA.pdf http://repository.ub.ac.id/2367/ |
Daftar Isi:
- Chassis merupakan bagian fundamental dari sebuah kendaraan yang berfungsi sebagai penopang berat kendaraan dan menjaga mobil tetap rigid serta memiliki kekuatan untuk menopang beban secara maksimal. Chassis umumnya menggunakan bahan logam seperti aluminium dan non logam seperti komposit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi komputer memanfaatkan software Ansys 14.5 academic. Pemodelan divariasikan sebanyak 9 desain dengan variasi tebal dan bentuk. Variasi tebal yang dipakai yaitu 1 mm, 2 mm, dan 4 mm dan bentuk profil chassis divariasikan dalam bentuk Square Hollow, C type dan I type. Material yang digunakan adalah aluminium 6063 dengan asumsi model material berupa linear isotropic. Pengujian yang dilakukan adalah pembebanan longitudinal torsional, vertical bending, horizontal lozenging dan lateral bending. Berat driver 50 kg dan berat engine 20 kg. Dari hasil penelitian diperoleh deformasi total dan tegangan maksimum pada model ke-1 hingga ke-9. Deformasi total paling minimal terjadi pada model ke-7 dengan deformasi total longitudinal torsional 0,37 mm, vertical bending 0,373 mm, horizontal lozenging 0,341 mm, dan lateral bending 0,491 mm. Berdasarkan kriteria tegangan maka model ke-7 memberikan hasil tegangan paling minimal pada pengujian longitudinal torsional sebesar 17,11 MPa, vertical bending sebesar 16,002 MPa, horizontal lozenging sebesar 14,052 MPa dan lateral bending sebesar 23,713 MPa.