Public Relation Students’ Attitude Towards English Class

Main Author: Fitri, Maghfironnisa Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2360/1/Maghfironnisa%20Nur%20Fitri.pdf
http://repository.ub.ac.id/2360/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dari mahasiswa Public Relation di Universitas Brawijaya terhadap bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, mahasiswa dari program studi Public Relation belajar bahas Inggris dengan tujuan agar memiliki kesempatan yang lebih bagus dalam mencari pekerjaan. Maka dari itu, bahasa Inggris yang mereka pelajari adalah ESP (Bahasa Inggris untuk tujuan khusus) Peneliti menggunakan desain penelitian survey cross-sectional dan pendekatan quantitatif. Peneliti mengadaptasi angket dari AMTB untuk mengukur sikap mahasiswa terhadap bahasa Inggris. Ada 4 dimensi di dalam angket tersebut, yaitu sikap afektif, sikap kognitif, sikap konatif, dan sikap terhadap penutur asli bahasa Inggris. Populasi dalam penelitan ini adalah 73 mahasiswa yang berasal dari mahasiswa semester keempat ke atas. Peneliti hanya mengambil mahasiswa semester empat keatas karena ESP diajarkan pada semester ketiga dan kelima. Karena populasinya kurang dari 100 orang, maka seluruh populasi menjadi objek penelitian. Peneliti menerjemahkan angket tersebut dan melakukan uji coba kepada 20 mahasiswa Politeknik Negeri Malang. Lalu, untuk memvalidasi instrumen tersebut, peneliti berkonsultasi dengan ahli validasi dan menggunakan SPSS 21. Selain itu, untuk memastikan reliabilitas instrumen, peneliti menggunakan metode bernama koefisien Cronbach’s Alpha dalam software SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Public Relation memiliki sikap positif terhadap bahasa Inggris. Hal ini didukung oleh hasil skor rata-rata dari sikap afektif, sikap kognitif, sikap konatif, dan sikap terhadap penutur asli bahasa Inggris. Skor rata-rata tertinggi diraih oleh sikap afektif (3.04), diikuti oleh sikap terhadap penutur asli bahasa Inggris (3.01), dan sikap kognitif (2.90). Skor rata-rata terendah diraih oleh sikap konatif (2.84). Berdasarkan hasil temuan, mahasiswa Public Relation merespon aktivitas belajar mengajar bahasa Inggris dengan positif.