Daftar Isi:
  • Menulis adalah salah satu kemampuan berbahasa yang wajib dipelajari. Hal ini dikarenakan seseorang mampu menyampaikan informasi secara tertulis yaitu melalui menulis. Menulis perlu diajarkan kepada siswa di sekolah. Siswa harus mempunyai motivasi yang tinggi dalam menulis agar dapat menyampaikan pesan tertulis secara tepat. Namun, banyak siswa di Indonesia mempunyai motivasi rendah dalam belajar menulis bahasa asing terutama bahasa Inggris yang berdampak pada tingkat kemampuan mereka dalam menulis berbahasa Inggris. Hal ini yang dialami oleh siswa kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya. Berdasarkan pengalaman peneliti saat mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), masalah yang dialami diantaranya rendahnya motivasi para siswa dipengaruhi oleh gaya mengajar guru yang kaku dan kurangnya penggunaan media belajar. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan pengembangan media yang mampu meningkatkan motivasi siswa dan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis berbahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan WPAP untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menulis berbahasa Inggris. Peneliti menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap; analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan lembar validasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Produk divalidasi oleh ahli media, ahli isi, dan guru kelas. Kemudian produk telah diuji coba kepada siswa kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya. Validasi ahli dilakukan untuk mengetahui apakah media dan isinya sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa atau tidak. Berdasarkan hasil analisis dari para ahli dan siswa, data menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar membaca teks bahasa Inggris khususnya teks biografi. Peneliti menyarankan produk WPAP bisa dikembangkan dengan desain yang lebih menarik serta menjadi inspirasi bagi guru untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif sehingga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.