Strategies In Teaching English For Deaf Student At Slb Putra Harapan Sumberpucung (A Case Study Of A Deaf Student’s Teacher)
Main Author: | Pratiwi, Erra Tauriska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2357/1/Pratiwi%2C%20Erra%20Tauriska.pdf http://repository.ub.ac.id/2357/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris adalah bahasa sekunder di Indonesia yang tentu dirasa sulit bagi siswa umum, apalagi bagi siswa tuna rungu. Untuk itu diperlukan strategi tepat yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pengajaran guru bahasa Inggris untuk siswa tuna rungu menurut Santrock, dan (2) Untuk mengetahui alasan guru untuk menggunakan strategi pengajaran bagi siswa tuna rungu. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan satu guru SLB Putra Harapan Sumberpucung, Malang. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Observasi checklist dan pedoman wawancara diadaptasi dari Teori yang dikemukakan oleh Santrock (2004: 180-190). Data dianalisis secara kualitatif. Temuan dalam penelitian ini, (1) guru bahasa inggris memenuhi semua strategi pengajaran dalam general suggestions, memenuhi 4 dari 12 strategi pengajaran dalam physical environment, memenuhi 10 dari 12 strategi pengajaran dalam teacher instructions, dan memenuhi 4 dari 6 strategi pengajaran dalam teacher’s completing assignments. Intinya strategi yang digunakan guru untuk mengajar siswa tuna rungu menggunakan media dan benda konkret. (2) peneliti menemukan bahwa alasan guru memilih strategi tersebut adalah karena strategi itu yang dirasa paling dibutuhkan siswa. Dengan menggunakan strategi tersebut maka siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan guru. Menurut hasil penelitian, disarankan agar sekolah semakin menambah siswa tuna rungu, sehingga siswa tuna rungu tersebut dapat berinteraksi dengan teman-temannya dengan kekurangan fisik yang sama. Selain itu juga disarankan kepada guru untuk memaksimalkan semua strategi guna meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dan terakhir disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang siswa berkebutuhan khusus tetapi dalam tipe lain atau dalam kasus lain.