Developing Audiovisual Materials To Teach Procedure Text For Fashion Design Department At Vocational High School
Main Author: | Sulistyowati, Ayu Winda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2356/1/1.%20BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/2356/2/2.%20CHAPTER%201.pdf http://repository.ub.ac.id/2356/3/3.%20CHAPTER%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/2356/4/4.%20CHAPTER%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/2356/5/5.%20CHAPTER%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/2356/6/6.%20CHAPTER%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/2356/7/7.%20REFERENCES.pdf http://repository.ub.ac.id/2356/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (ESP) merupakan pendekatan pada suatu pengajaran yang keseluruhannya meliputi isi dan metode berdasarkan atas alasan pelajar untuk belajar. Sebagaimana, pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memenuhi syarat sesuai dengan kebutuhan pada setiap jurusan. Siswa jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Batu kurang memiliki minat untuk belajar bahasa Inggris khususnya materi teks prosedur. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan materi audiovisual untuk mengajar materi teks prosedur untuk siswa jurusan Tata Busana di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan untuk mengembangkan materi audiovisual untuk mengajarkan materi teks prosedur untuk siswa jurusan tata busana. Media yang dikembangkan berupa materi audiovisual dalam bentuk video. Penelitian ini mengembangkan produk dengan menggunakan aplikasi powtoon dan teknologi pengenalan suara otomatis. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data dan melibatkan siswa kelas XI jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Batu. Penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dapat membuat siswa kelas XI jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Batu lebih tertarik belajar bahasa inggris khususnya materi teks prosedur. Berdasarkan hasil, beberapa saran diberikan kepada siswa, guru, dan peneliti selanjutnya. Untuk murid, disarankan agar dapat belajar bahasa Inggris khususnya materi teks prosedur melalui cara yang lebih mudah dan menarik. Untuk guru, disarankan menggunakan produk ini sebagai referensi dalam mengajar bahasa inggris khususnya materi linguistik feature dalam teks prosedur. Untuk peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi, acuan data, dan informasi untuk mengembangkan dan menciptakan produk lainnya.