Pengaruh Citra Merek Terhadap Faktor Psikologis Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Jurusan Adminitrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Yang Membeli Dan Menggunakan Handphone Merek Samsung)

Main Author: Fitriani, Dian Wulan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2344/1/Dian%20Wulan%20Fitriani.pdf
http://repository.ub.ac.id/2344/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Citra Merek terhadap variabel Faktor Psikologis. 2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Citra Merek terhadap variabel Keputusan Pembelian. 3) Mengetahui dan menganalisis variabel Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian. 4) Mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Citra Merek terhadap variabel Keputusan Pembelian melalui variabel Faktor Psikologis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Lokasi penelitian ini di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, Jl. M.T. Haryono No.163 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang membeli dan menggunakan Handphone merek Samsung. Sampel sebanyak 102 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini adalah variabel Citra Merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Faktor Psikologis. Variabel Citra Merek tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Variabel Faktor Psikologis mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Variabel Citra Merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian melalui variabel Faktor Psikologis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Citra Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, akan tetapi variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian melalui variabel Faktor Psikologis.