Pengaruh Online Advertising Via Online Behavioural Advertisisng (Oba) Mechanism Terhadap Sikap Dan Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2013 Yang Pernah Melihat Iklan Online Dan Pernah Berbelanja Online)

Main Author: Rosalinda, Ressy Meydelani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2340/1/Rosalinda%2C%20Ressy%20Meydelani.pdf
http://repository.ub.ac.id/2340/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari variabel-variabel OBA yaitu (1) targeted visible ads, (2) advertisement characteristic, (3) “AdChoices”, (4) cookies, dan (5) customers segment profile terhadap sikap konsumen dan keputusan pembelian. Serta mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari sikap konsumen mengenai OBA terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini merupakan targeted visible ads (X1), advertisement characteristic (X2), “AdChoices” (X3), cookies (X4), customers segment profile (X5), sikap konsumen (Z) dan keputusan pembelian (Y). Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya angkatan tahun 2013 yang pernah melihat iklan online dan pernah melakukan belanja online. Sampel dari penelitian ini adalah 116 orang responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa variabel-variabel OBA berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen dan keputusan pembelian, serta sikap konsumen mengenai OBA berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya pengiklan memberikan edukasi yang lebih mengenai OBA dan mekanisme OBA kepada konsumen agar dapat menciptakan sikap yang positif yang dapat meningkatkan impuls keputusan pembelian.