Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Adaptive Selling Dan Dampaknya Pada Kinerja Tenaga Penjualan Studi Tentang Kinerja Tenaga Penjualan Pada PT Tokio Marine Life Insurance Di Kota Magelang

Main Author: Utomo, Fathoni Harda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2306/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap adaptive selling; (2) pengaruh adaptive selling terhadap kinerja tenaga penjualan; (3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja tenaga penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi kecerdasan emosional, adaptive selling, dan kinerja tenaga penjualan. Populasi penelitian ini adalah tenaga penjualan PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia. Sampel sebanyak 100 orang responden yang bekerja di PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil analisis jalur (Path Analysis) menunjukkan bahwa : (1) variabel kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap variabel adaptive selling ; (2) variabel adaptive selling berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan ; (3) variabel kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan. Dengan demikian, Manajemen PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia sebaiknya mempertahankan indikator serta meningkatkan pelayanan terhadap Kecerdasan Emosional, karena variabel Kecerdasan Emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Adaptive Selling dan KInerja Tenaga Penjualan, diantaranya yaitu dengan pelatihan-pelatihan dan sharing pengalaman atasan terhadap bawahan sehingga Kinerja Tenaga Penjualan akan meningkat.