A Multimodal Discourse Analysis On Slogan Advertisement Of Singapore Burger King Controversy Edition
Main Author: | Hidayati, Ismi Arifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2304/1/Ismi%20Arifah%20Hidayati.pdf http://repository.ub.ac.id/2304/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Multimodal wacana analisis iklan Super Seven Incher of Burger King kontroversial Peneliti melakukan penelitian tentang multimodal mode yang berinteraksi dengan mode lain teks dan interaksi tapi para penulis dan percakapan peserta dan juga banyak mode lain seperti tertulis teks dan gambar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berbagai mode seperti gambar visual dan teks tertulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Data dari penelitian ini disampaikan oleh slogan atau tagline Singapore’s Burger King Controversial Advertisement yang membangun hubungan antara penulis dan pembaca berdasarkan pada Halliday's SFL (1994) dan Kress and Van Leeuwen's Visual Grammar (2006). Sumber data diambil dari Internet. Peneliti menemukan bahwa citra dan mode visual lainnya mampu mewakili hubungan sosial tertentu dalam komunikasi. Secara khusus hubungan sosial antara penampil dan objek yang diwakili telah mewakili three-metafunction yaitu Ideational. Metafunction, Interpersonal and Textual. Sementara itu, dalam membahas makna gambar dalam komunikasi visual: Representational bukan Ideat ional, Interactive bukan Interpersonal, and Compositional bukan Textual. Sedang kan untuk makna representasi dapat dibedakan dua jenis citra dalam judul karakteristik gambar yang berbeda, satu adalah gambar Narrative yang melibatka n empat proses yaitu Action Process, Reactional Process,Speech and Mental Proc ess, and Conversational Process lainnya adalah Conceptual Images yang meliputi Tiga macam: Classificational process, Analytical process,and Symbolic process. Dalam proses komunikasi, sistem makna sangat ditentukan oleh tiga aspek Contex t Situational: makna ideational menurut Field, maknaInterpersonal dengan Tenor dan makna Textual dengan Mode. Berdasarkan temuan dan diskusi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pemberian Burger King kepada pemirsa dan gambar hanya memiliki arti bahwa Visual Images berasal dari Element Visual yang berbeda yang diajukan oleh teoriteori yang digunakan. Makna yang mungkin akan ditafsirkan oleh pemirsa sebuah gambar.