Analisis City Branding “Depok A Friendly City” Dalam Rangka Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Kota Depok (Studi Pada Bappeda Dan Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata Seni Dan Budaya Kota Depok)

Main Author: Diana, Dinda Mei
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2289/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis dari city branding “Depok a Friendly City” dalam rangka meningkatkan minat berkunjung wisatawan ke Kota Depok (studi pada BAPPEDA dan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Seni dan Budaya Kota Depok). Teori city branding merupakan teori yang menjelaskan bagaimana implementasi Pemerintah dalam membentuk city branding Kota Depok. Teori minat berkunjung dapat di lihat dengan adanya city branding tersebut dapat menaikkan jumlah kunjungan pada wisatawan. Sedangkan teori wisatawan merupakan teori yang menjelaskan sikap atau perilaku individu yang memiliki waktu luang untuk melakukan sebuah perjalanan jauh yang dapat dikatakan sebagai seorang wisatawan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang analisis dari implementasi city branding Kota Depok berjalan dengan efektif. Penelitian dilakukan di Kantor BAPPEDA Kota Depok dan di kantor Disbudpar Kota Depok Jl. Margonda Raya No.54 Kota Depok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan potensi dan keunggulan pada sektor pendidikan, pelayanan, dan pariwisata, Kota Depok dapat memiliki identitas yang kuat sebagai kota yang bersahabat terhadap seluruh elemen yang ada di dalamnya. Semangat pejuang dalam merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia menjadi inspirasi Pemerintah Kota Depok untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat. Dengan peralihan brand menjadi Friendly City merupakan salah satu tonggak awal pemkot untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat setempat, dan salah satu cara untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang tiga aspek unggulan Kota Depok yang dapat menjadi daya tarik wisatawan dan masyarakat Indonesia untuk mengunjungi dan memilih untuk tinggal di Kota Depok.