Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 Dan 2015 Universitas Brawijaya Malang Yang Membeli Dan Menggunakan Smartphone Iphone)
Main Author: | Apriyandani, Hendri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2278/1/Hendri%C2%A0Apriyandani.pdf http://repository.ub.ac.id/2278/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Kelompok Referensi (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) dan Kelompok Referensi (X2) secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku konsumen. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor budaya (budaya, sub-budaya, kelas sosial), faktor sosial (kelompok referensi, keluarga, peran dan status), dan faktor pribadi (usia dan tahap daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri). Gaya Hidup dari faktor pribadi dan Kelompok Referensi dari faktor sosial yang kemudian dipilih menjadi variabel bebas dalam penelitian. Teori selanjutnya adalah Keputusan Pembelian yang dijadikan variabel terikat dalam penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian explanatory atau penelitian penjelasan, dengan sampel sebanyak 108 orang responden dengan populasi yang tidak diketahui, hasil tersebut didapatkan menggunakan rumus Machin and Champbell. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel bebas Gaya Hidup (X1) dan Kelompok Referensi (X2) mempunyai kontribusi terhadap Keputusan Pembelian sebesar 52,6%. Variabel Gaya Hidup (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan t hitung = 5,491. Variabel Kelompok Referensi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan t hitung = 4,699. Menunjukkan bahwa variabel Gaya Hidup (X1) berpengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (X2).