Pengaruh Green Advertising, Eco Brand, Dan Green Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Lampu Philips LED Di RW 12 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)

Main Author: Gunarso, Albar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2256/1/Albar%20Gunarso.pdf
http://repository.ub.ac.id/2256/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Green Advertising, Eco Brand, dan Green Trust secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Green Advertising, Eco Brand, Green Trust, dan Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen lampu Philips LED di RW 12 yang memiliki 81 RT yang setiap RT nya terdapat sekitar 150 KK pada kelurahan Merjosari kecamatan Lowokwaru, kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan uji F variabel bebas Green Advertising, Eco Brand, dan Green Trust secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Green Advertising secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Eco Brand secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Green Trust secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa variabel Green Trust merupakan variabel yang berpengaruh signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Diharapkan pihak perusahaan dapat mempertahankan pelayanan terhadap Green Trust, karena variabel Green Trust mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian, diantaranya dengan mempunyai kepercayaan yang kuat dalam hal produk yang berkonsep ramah lingkungan. Green trust merupakan variabel utama yang terdapat dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.