The Correlation Between Students’ Accuracy In Reading Typoglycemic Words In Sentences And Vocabulary Mastery
Main Author: | Assa, Hages Faza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2255/1/Bagian%20Depan.pdf http://repository.ub.ac.id/2255/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/2255/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/2255/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/2255/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/2255/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/2255/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/2255/ |
Daftar Isi:
- Typoglycemia adalah suatu fenomena dari penemuan baru tentang proses kognitif dalam kemampuan membaca teks di mana pembaca mampu memahami kata yang memiliki ejaan salah jika huruf pertama dan huruf akhir dari kata tersebut tetap berada pada posisi yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hubungan antara fenomena ini dengan penguasaan pembendaharaan kata pembaca. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelational eksplanatori dalam pengumpulan data. Subyek penelitian ini adalah 40 mahasiswa semester dua jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Tes keahlian digunakan sebagai instrumen pada penelitian ini untuk memperoleh nilai subyek dalam membaca kata typoglycemic dalam kalimat (variable X) dan nilai dalam penguasaan pembendaharaan kata (variable Y). Rumus Pearson r digunakan untuk menguji hubungan antara variable X dan Y. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Pearson r yang diperoleh adalah 0,787. Dengan taraf signifikan 5% dan total subyek 40, nilai Pearson r yang diperoleh menghasilkan korelasi yang signifikan karena 0,787 > 0,312. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketepatan siswa dalam membaca kata typoglycemic dalam kalimat memiliki hubungan positif yang signifikan dengan penguasaan pembendaharaan kata siswa tersebut. Temuan penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pembelajaran bahasa Inggris khususnya untuk pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, oleh karenanya, peneliti selanjutnya disarankan untuk memanfaatkan temuan ini untuk meneliti efektifitas typoglycemia dalam meningkatkan kemampuan pelajar dalam bahasa Inggris.