Motivasi dan Persepsi Konsumen Terkait Atribut Produk Media Streaming Music Spotify dan Joox

Main Author: Arissetio, Dhana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2243/1/Dhana%20Arissetio.pdf
http://repository.ub.ac.id/2243/
Daftar Isi:
  • Persaingan media streaming music di Indonesia terus mengalami peningkatan. Sudah banyak perusahaan yang bergerak dalam industri media streaming music yang mulai merambah di pasar Asia, terkhusus di Indonesia. Spotify merupakan media streaming music asal Swedia dengan pemegang market share tertinggi dalam lingkup global pada tahun 2016, sedangkan Joox merupakan media streaming music asal Tiongkok dengan status pemegang market share tertinggi dalam lingkup Asia di tahun yang sama. Perbedaan tersebut membuat persaingan yang semakin kuat ketika Spotify mulai masuk dalam pasar Asia dan terkhusus di Indonesia. Persaingan ini membuat bertambahnya pilihan bagi konsumen dalam memilih media streaming music dengan cara membandingkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bahan analisa bagi perusahaan dalam menetapkan strategi perusahaan dengan tujuan memperoleh market share tertinggi dalam lingkup Asia, terkhusus di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan memiliki dua rumusan masalah, yaitu; (1) Bagaimana persepsi konsumen terkait atribut produk Spotify dan Joox? (2) Bagaimana motivasi konsumen dalam pemilihan media streaming music Spotify dan Joox?. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan maximal variation sampling dengan sumber data penelitian berasal dari informan serta dokumetasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan persepsi konsumen mengenai harga dan metode pembayarannya Spotify dan Joox sudah cukup baik. Konsumen merasakan timbal balik yang sesuai atas apa yang mereka bayarkan dan merasa dimudahkan dengan metode pembayaran yang disediakan untuk masing-masing media streaming music. Tetapi, Joox lebih diunggulkan dengan kemudahan dalam memperoleh premium dibandingkan Spotify. Persepsi konsumen mengenai fitur lebih mengunggulkan Spotify karena memiliki cakupan musik yang lebih luas dibandingkan Joox. Begitu juga dengan persepsi konsumen mengenai desain dan interface yang menyimpulkan konsumen lebih menyukai desain dari Spotify yang dinilai simpel, elegan dan mudah dimengerti. Persepsi kualitas audio dari Spotify dan Joox memiliki kesamaan dengan jumlah kualitas audio hingga 320 kbps untuk pengguna premium dan VIP. Motivasi yang membuat konsumen memilih media streaming music Spotify dan Joox ialah kebutuhan untuk mendengarkan musik, eksplorasi musik, dan fleksibilitas dalam mendengaran musik. Atribut produk Harga, fitur, kualitas audio dan desain merupakan motif pemilihan media streaming music Spotify dan Joox dengan fitur menjadi motif rasional pemilihan Spotify dan harga menjadi motif rasional konsumen memilih Joox.