Pengaruh Variaso Rasio Kompresi Dengan Penambahan Etanol Pada Solar Terhadap Emisi Motor Diesel Yanmar
Main Author: | Kadarisman, Z. Alim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2227/1/7%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/2227/2/BAB%20I%20ALIM.pdf http://repository.ub.ac.id/2227/3/BAB%20II%20Alim.pdf http://repository.ub.ac.id/2227/4/BAB%20III%20Alim.pdf http://repository.ub.ac.id/2227/5/BAB%20IV%20Alim.pdf http://repository.ub.ac.id/2227/6/BAB%20V%20Alim.pdf http://repository.ub.ac.id/2227/7/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/2227/ |
Daftar Isi:
- Semakin hari kebutuhan energi berbasis fosil didunia pada saat ini ini khususnya di indonesia sangatlah besar. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang sumber energi baru guna menggantikan Sumber energi lama yang lambat laun akan habis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh variasi rasio kompresi dan penambahan ethanol pada bahan bakar solar terhadap emisi motor diesel yanmar. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan penambahan etanol pada solar dan variasi rasio kompresi. Variasi rasio kompresi mesinnya adalah 15,5:1; 17,5:1; dan 19,5:1. Untuk tiap variasi rasio kompresi,digunakan bahan bakar solar yang ditambahkan etanol dengan variasi kadar volume 7.5%, 10% dan 15%. Hasil yang diperoleh adalah, dengan meningkatnya kadar etanol pada campuran bahan bakar dan semakin tingginya rasio kompresi, emisi dari CO dan HC terbukti menurun. Didapatkan hasil terbaik pada konsentrasi etanol 7,5% dengan rasio kompresi 19,5:1, pada titik ini terjadi penurunan kandungan emisi CO sebesar 6,11% dan HC sebesar 5,3%. Kandungan CO2 yang dihasilkan juga semakin tinggi seiring meningkatnya konsentrasi etanol dan tingginya rasio kompresi..