STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA MELALUI EVALUASI PENGALAMAN PENGUNJUNG (Studi kasus pada Suroboyo Carnival Park)
Main Author: | Yulibag, Warid Ajeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2147/1/Warid%20Ajeng%20Yulibag.pdf http://repository.ub.ac.id/2147/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pengembangan pariwisata untuk menarik minat berkunjung wisatawan yang menurun. Diikuti oleh adanya pengunjung atau konsumen yang menjadi penting untuk perusahaan jasa wisata karena adanya keterlibatan perasaan pengunjung yang nantinya akan menimbulkan pembelian ulang atau kekecewaan. Penelitian ini termasuk kategori penelitian eksploratif, menurut Malhotra (2004) penelitian eksploratif bermaksud ingin menemukan faktor-faktor penyebab sesuatu itu terjadi, sifatnya meraba-raba masalah dan peluangnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara dan observasi dan dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis SWOT untuk melakukan perbandingan dan menentukan pilihan strategi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Suroboyo Carnival berada pada posisi strategi defensif, dimana kelemahan (Weakness) yang dimiliki cukup besar dan juga memiliki ancaman (Threatness) yang cukup besar, artinya pilihan strategi adalah berbenah diri dengan memanfaatkan kekuatan (Strengthness) dan peluang (Opportunites) yang dimiliki oleh Suroboyo Carnival tersebut.