Daftar Isi:
  • Pepito Market Cabang Sanur merupakan salah satu cabang dari Pepito Group. Pepito Group berdiri pada tahun 2001 di Tuban, Jimbaran-Badung, Bali dan sudah memiliki lebih dari 20 cabang di Bali sendiri. Walaupun merupakan cabang yang masih baru dibuka tetapi Pepito Market Cabang Sanur sudah memiliki banyak customer tetap yang berbelanja setiap harinya disana. Untuk dapat terus mempertahankan pelanggan yang telah dimiliki, pihak manajemen marketing Pepito market menerapkan Customer Relationship Manajemen (CRM) yaitu strategi untuk mengikat dan menarik pelanggan dengan memberikan reward kepada pelanggan yang telah berbelanja di Pepito Market dengan memberikan poin. Namun terdapat beberapa hal yang menjadi kendala bagi pelanggan dan pihak marketing Pepito. Pelanggan harus datang langsung ke toko dan menemui customer service untuk dapat mengecek poinnya. Marketing Pepito harus mencetak katalog promosi bulanan dalam bentuk flayer dan disebarkan disekitaran toko untuk memberi informasi promosi setiap bulan. Maka penelitian ini akan mengembangkan Sistem Informasi Manajamen Reward Pelanggan Berbasis Website Pada Pepito Market Cabang Sanur. Menerapkan operational CRM domain marketing automation serta menggunakan webservice untuk menggabungkan Sistem Informasi Manajemen Reward dengan Sistem Kasir Pepito. Sistem ini memilki beberapa fitur yaitu: mengecek jumlah poin, tukar poin, melihat katalog, membuat katalog, edit katalog dan hapus katalog. Sistem ini dikembangkan dengan metode SDLC dengan menggunakan model waterfall. Pada tahap akhir sistem ini diuji dengan menggunakan metode black box dengan hasil pengujian 88% valid, white box dengan hasil pengujian 100% valid dan utility system untuk pelanggan dengan hasil pengujian 83% valid.