Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Salestock Indonesia Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis

Main Author: Istichomah, Rizky Nanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2058/1/Rizky%20Nanda%20Istichomah.pdf
http://repository.ub.ac.id/2058/
Daftar Isi:
  • Kualitas layanan web Salestockindonesia.com perlu dievaluasi karena memiliki peringkat 1591 menurut alexa.com, peringkat 422 menurut similiarweb.com dan peringkat 72 menurut statshow.com yang dapat dinyatakan jauh dibawah website sejenis. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan variabel Webqual yaitu usability, information quality, dan service interaction quality. Usability terdapat enam indikator, information quality terdapat empat indikator, dan service interaction quality terdapat tiga indikator. Data kualitas layanan diperoleh dari kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Data didapatkan dari jumlah sampel sebesar 100 responden dengan menggunakan kuesioner. Dari hasil evaluasi yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa kualitas layanan pada variabel usability dua indikator kualitasnya baik yaitu pada indikator ease of us and navigation dan learnability. Empat indikator kualitasnya kurang baik yaitu pada indikator appearance, the imaged conveyed to the user, errors, dan satisfaction. Pada variabel information quality dua indikator kualitasnya baik yaitu pada indikator relevance dan accessibility. Dua variabel kualitasnya kurang baik yaitu pada indikator representational dan accuracy. Pada variabel service interaction quality dua indikator kualitasnya baik yaitu pada indikator trust dan responsiveness dan satu indikator kualitasnya kurang baik yaitu pada indikator empathy. Dari hasil pengujian tersebut penulis memberikan rekomendasi perbaikan bagi kualitas yang kurang baik yang dirujuk dari jurnal atau artikel ilmiah yang relevan.