Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengguna Snapchat Membagikan Video Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)
Main Author: | Mukaromah, Khusnatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2029/1/Khusnatul%20Mukaromah.pdf http://repository.ub.ac.id/2029/ |
Daftar Isi:
- Snapchat merupakan sosial media yang mempunyai fitur utama dapat membagikan video secara live dengan durasi 10 detik. Setiap hari, jumlah pengguna yang membagikan video live kegiatan mereka pada pengguna snapchat lainnya mengalami kenaikan. Snapchat membuat penggunananya dapat berkomunikasi dengan mudah dan menyenangkan. Saat ini banyak pengguna yang memberikan informasi terlalu banyak kepada snapchat karena pengguna tidak peduli dengan masalah privasi dan resiko yang mungkin mereka rasakan. Pengguna tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh pihak penyedia layanan dan pihak lain terhadap video maupun informasi pribadi yang mereka bagikan pada snapchat. Selain itu, pada tahun 2014 telah terjadi kebocoran data pengguna snapchat sebesar 4,6 juta terkait informasi pribadi dan video yang mereka bagikan pada snapchat. Video dan informasi pribadi pengguna snapchat tersebut dapat diakses secara bebas pada situs snapchatDB. Hal tersebut dapat menimbulkan resiko dan masalah privasi pengguna snapchat. Resiko dan masalah privasi yang dirasakan oleh pengguna memengaruhi sikap pengguna untuk membagikan video pada snapchat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pengguna membagikan video live mereka pada snapchat menggunakan sepuluh variabel laten dan satu variabel secondary order yaitu variabel perceived control, trust in member, trust in provider, perceived risk, self disclosure, perceived collectivism, self presentation, enjoyment, new relationship building, sosial influence dan secondary order Internet Users Information Privacy Concerns (IUIPC). Data yang dianalisis, dikumpulkan dari 282 responden yang merupakan pengguna aktif snapchat. Data dari responden dianalisis menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi pengguna membagikan video pada snapchat adalah perceived collectivism (diakui oleh kelompok), self presentation (mempresentasikan diri), enjoyment (nyaman), new relationship building (menjalin jaringan baru), perceived risk (resiko) dan Internets Users Privacy Concerns (masalah privasi). Sedangkan faktor lain yaitu pengaruh orang-orang di sekitar (sosial influence) tidak memengaruhi pengguna membagikan video pada snapchat. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengguna snapchat menyadari dan menerima semua resiko (perceived risk) dan masalah privasi (IUIPC) yang nantinya mereka rasakan karena pengguna tidak percaya dengan penyedia layanan dan anggota pengguna snapchat lainnya dapat menjaga dan tidak menyalahgunakan video yang mereka bagikan pada snapchat.