Pengaruh Atribut Produk Terhadap Sikap Minat Dan Keputusan Pembelian Buah Jeruk Lokal Di Kota Malang
Main Authors: | Eldisthia, Erika, Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS, Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan,, MS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196376/1/erika%20eldisthia.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196376/ |
Daftar Isi:
- Buah-buahan memiliki prospek pengembangan yang bagus, dan salah satu jenis buah yang baik untuk dikembangkan adalah buah jeruk (Poerwanto, 2004). Jeruk menjadi komoditas buah yang penting di dunia, dengan produksi pertahun yang mencapai lebih dari 120 juta ton. Varietas yang paling banyak diproduksi adalah jenis jeruk manis (orange) 60%, diikuti oleh keprok (mandarin) sebanyak 20% dan sisanya adalah jenis siam (tangerine), lemon, purut, dan lainnya (Scordino & Sabatino 2014). Produksi jeruk di Indonesia cenderung meningkat dari tahun 2015 sampai tahun 2019 (BPS 2020) dengan proyeksi rata-rata peningkatan produksi sebesar 4,93% per tahun. Atribut dari produk dinilai sangat berpengaruh penting dalam keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. Rahmawati (2018) menyatakan bahwa terdapat empat atribut yang dinilai sangat penting oleh konsumen yaitu harga, rasa, kesegaran dan aroma buah jeruk. Atribut buah jeruk impor yang dipercaya yaitu warna, ukuran, aroma dan teksur sedangkan atribut buah jeruk lokal yang dipercaya konsumen yaitu atribut harga, rasa, dan kesegaran. Secara keselurahan nilai sikap konsumen lebih positif terhadap atribut buah jeruk impor, sehingga jeruk impor lebih unggul dibandingkan dengan buah jeruk lokal. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis pengaruh atribut buah jeruk terhadap sikap konsumen di Kota Malang (2) Menganalisis pengaruh atribut buah jeruk lokal terhadap minat konsumen di Kota Malang (3) Menganalisis pengaruh sikap dan minat konsumen terhadap keputusan pembelian buah jeruk lokal di Kota Malang Metode penelitian ini secara kuantitatif deskriptif menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Warp Partial Least Square (WarpPLS). Data primer diperoleh melalui pengisian kuesioner sebagai media wawancara secara online. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur dari berbagai sumber terkait. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan teknik nonprobability sampling dan terpilihlah 122 sampel sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan minat konsumen, sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Minat Konsumen positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian