Preferensi Konsumen Dan Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Produk Wong Coco Selama Pandemi Covid-19

Main Authors: Saputri, Ela, Setiyo Yuli Handono,, SP.,MP.,MBA, Vi’in Ayu Pertiwi,, SP.,MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196373/1/Ela%20Saputri.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196373/
Daftar Isi:
  • Perusahaan dalam menjalankan usahanya harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk-produknya, faktor umum yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk seperti manfaat produk, keungan konsumen, dan faktor yang tidak terduga. Saat ini di Indonesia bahkan dunia sedang mengalami situasi tidak terduga yaitu pendemi Covid-19. Pandemi ini sudah menggoncangkan struktur sosial dan perekonomian di seluruh dunia. Oleh kerenanya perusahaan harus mmebuat strategi agar dapat bertahan di tengah krisis global yang terjadi saat ini. PT Keong Nusantara Abadi adalah salah satu perusahaan di bidang food and bevarage yang terkena dampak hebat dari pendemi COVID-19 ini. Saat ini jumlah penjualan dari bulan kebulan selama masa pandemi sangatlah menurun, baik penjualan lokal dan permintaan ekspor mengalami penurunan sampai di titik nol. Hal ini merupakan titik terendah penjualan di sepanjang sejarah penjualan PT keong Nusantara Abadi Kediri. Seperti wortel tidak produksi pada bulan Agustus, September dan Oktober, aloevera tidak produksi pada bulan September, Oktober, dan produk nata de coco tidak produksi pada bulan Oktober. Selama enam bulan tersebut faktanya terlihat bahwa volume penjualan produk Wong Coco dari bulan kebulan mengalami penurunan yang tidak teratur. Perusahaan terus mencari inovasi supaya produknya tetap digemari dan diminati oleh para konsumen dalam situasi pandemi saat ini. Adanya permasalahan tersebut menjadi satu hal penting untuk dilakukannya penelitian ini, dengan tujuan mengetahui preferensi konsumen dan bauran pemasaran terhadap minat beli produk Wong Coco selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan pada bulan Februari – Juni 2022. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner atau google form yang dibagikan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari internal perusahaan dan literatur yang relevan untuk menunjang penelitian ini. Responden penelitian berjumlah 90 orang dengan purposif sampling dan diolah dengan menggunakan SPSS. penelitian ini menggunakan toleransi kesalahan atau alpha sebesar 0,5. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 6 yaitu Preferensi Konsumen (X1), Bauran Pemasaran yaitu Produk (X2), Harga (X3), Tempat (X4), Promosi (X5) sebagai variabel independen dan Minat Beli (Y1) sebagai variabel endependen. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada masa pandemi Covid-19. Pada variabel preferensi (X1) dan harga (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Sehingga dari kedua variabel tersebut perlu adanya peningkatan atau perbaikan yang nantinya berpotensi untuk meningkatkan minat beli pada produk Wong Coco. Sedangkan pada variabel produk (X2), tempat (X4), promosi (X5) menunjukkan hasil yang postif dan signifikan tehadap minat beli sehingga dapat dijaga konsistensinya dan ditingkatkan agar lebih baik sehingga dapat meningkatkan minat beli produk Wong Coco selama pandemi Covid-19.