Pemasaran Melalui Social Media Marketing (Smm) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Di Dd Orchid Nursery
Main Authors: | Sari, Dita Aprila, Setiyo Yuli Handono,, SP., MP., MBA, Medea Rahmadhani Utomo,, SP., M.Si |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196369/1/DITA%20APRILA%20SARI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196369/ |
Daftar Isi:
- Pemasaran merupakan salah satu bagian penting dalam menjalankan usaha. Dalam pemasaran, diperlukan pengelolaan yang tepat agar perusahaan dapat bersaing dan berkembang dengan baik. Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia menjadikan peluang bagi perusahaan untuk memasarkan produknya secara online. Social Media Marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang dapat digunakan untuk memasarkan produk melalui media sosial. DD Orchid Nursery adalah perusahaan yang menawarkan produk tanaman anggrek. Pandemi covid-19 menyebabkan terhambatnya kegiatan promosi secara offline, sehingga perusahaan ini sempat mengalami penurunan penjualan. Oleh karena itu, perusahaan memasarkan produknya secara online melalui Social Media Marketing agar dapat meningkatkan penjualan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemasaran yang dilakukan oleh DD Orchid Nursery, khususnya pemasaran melalui Social Media Marketing (SMM) untuk meningkatkan penjualan produk. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di DD Orchid Nursery, Gang Orchid, Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada bulan Desember 2021 sampai dengan bulan Juni 2022. Informan pada penelitian ini sebanyak lima orang, yaitu owner beserta empat orang karyawan DD Orchid Nursery. Data yang didapatkan berupa data primer dan sekunder dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu dengan cara kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, yaitu dengan triangulasi teknik yang dilakukan dengan mengecek data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa DD Orchid Nursery melakukan kegiatan pemasaran dengan mengembangkan produk tanaman anggrek hasil penyilangan dari laboratorium milik perusahaan. Hal ini membuat produk memiliki ciri khas dan keunikan yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Sedangkan penentuan harga berdasakan cost-plus pricing, serta bergantung pada umur dan jenis anggrek. Pemilihan tempat perusahaan berdasarkan ketersediaan lahan dan latar belakang owner, sedangkan saluran distribusi menggunakan reseller. Kegiatan promosi dilakukan secara offline, yaitu melalui pameran, pelatihan, dan event-event tertentu. Perusahaan juga melakukan promosi secara online yaitu melalui media sosial. Pemasaran melalui social media marketing dilakukan menggunakan media sosial WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Perusahaan selalu ii berkomunikasi dengan pelanggan untuk membangun hubungan, membagikan konten untuk menginformasikan produk, memberikan beberapa penawaran tertentu, dan memberikan layanan/dukungan yang baik kepada pelanggan. Social media marketing ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah sebaiknya membagikan konten di media sosial yang lebih kreatif seperti gambar atau video singkat terkait terkait perawatan anggrek melalui pemasaran digital sehingga dapat mengenalkan budidaya anggrek kepada masyarakat agar tertarik menanam anggrek dan membeli produk dari perusahaan.