Analisis Efisiensi Pemasaran Tanaman Hias Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu)

Main Authors: Sari, Diah Atika, Dr. Ir. Suhartini., MP, Condro Puspo Nugroho,, SP ., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196364/1/Diah%20Atika%20Sari.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196364/
Daftar Isi:
  • Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk tetap berada dirumah, hal tersebut bertujuan untuk menekan angka kenaikan Covid-19. Oleh karena itu banyak masyarakat yang mengisi waktu luang dirumahnya dengan kegiatan merawat tanaman hias. Dampak dari adanya perubahan pola kebiasaan masyarakat dalam memelihara tanaman hias selama pandemi Covid-19, mengakibatkan terjadinya perubahan penjualan tanaman hias. Selama masa pandemi imun tubuh harus seimbang, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan merawat tanaman hias. Hal tersebut di karenakan adanya kegiatan positif yang dilakukan, selain itu warna atau bentuk tanaman hias yang beranekaragam menjadikan orang yang merawat atau hanya melihatnya saja akan merasa tenang. Fenomena tersebut menjadi peluang petani pedagang tanaman hias untuk memaksimalkan produksi dan penjualan tanaman hias. Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu merupakan salah satu daerah yang mayoritas masyarakatnya adalah petani tanaman hias. Desa Sidomulyo juga memiliki pasar tanaman hias yang diberi nama “Pasar Bunga Sekar Mulyo”. Penelitian ini dilakukan pada petani pedagang tanaman hias di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Pemilihan lokasi dilakukan karena Desa Sidomulyo merupakan salah satu daerah sentra tanaman hias dan mayoritas masyarakatnya adalah petani tanaman hias. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi pemasaran yang dilihat dari saluran pemasaran, perilaku pasar, margin, farmers share, efisiensi harga dan operasional. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang bermakna pada kuantitas tanaman hias yang terjual di Desa Sidomulyo sebelum dan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan software Microsoft excel untuk mengetahui efisiensi pemasaran dan IBM SPSS Statistics 21 untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang bermakna pada kuantitas tanaman hias yang terjual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran tanaman hias di Desa Sidomulyo dalam lingkup Pulau Jawa. Nilai margin pemasaran tertinggi didapatkan oleh pedagang luar sebelum pandemi Covid-19. Nilai FS sebelum dan selama pandemi Covid-19 dapat dikatakan efisien karena nilainya > 50%. Efisiensi harga dan operasional pada saluran 1 dan 2 sebelum dan selama dapat dikatakan efisien. Terdapat pengaruh yang bermakna terhadap kondisi sebelum dan selama pandemi Covid-19 karena nilai siginifikan (2-tailed) < 0.05.