Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Kerupuk Udang Merek Qonjamadu
Main Authors: | Fitria, Dewi Adriana, Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., M, Andrean Eka Hardana,, SP., MP., M.BA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196361/1/Dewi%20Adriana%20Fitria.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196361/ |
Daftar Isi:
- Ketidakpastian dan persaingan usaha yang dihadapi UMKM kerupuk udang mendorong UMKM kerupuk udang di Sidoarjo untuk perlu meningkatkan kinerja atribut produk demi menarik konsumen membeli produk mereka. Salah satunya UMKM Qonjamadu, produsen kerupuk udang di Sidoarjo yang juga menghadapi ketidakpastian dan persaingan bisnis. Salah satu strategi untuk menghadapi ketidakpastian dan tingkat persaingan yang tinggi adalah dengan mengetahui bagaimana sikap konsumen terhadap atribut-atribut produk. Adapun atribut produk kerupuk udang meliputi 6 jenis yaitu atribut harga, rasa, tekstur, kemasan, kebersihan dan kemudahan memperoleh. Sikap konsumen merupakan faktor utama dalam proses keputusan pembelian konsumen, sehingga penting bagi pemasar untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen dapat dibentuk melalui atribut- atribut produk yang dianggap penting atau diperhatikan oleh konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk kerupuk udang Qonjamadu dan menganalisis sikap konsumen terhadap atribut-atribut produk kerupuk udang Qonjamadu. Metode penelitian yang dilakukan di umkm kerupuk udang ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di UMKM Qonjamadu selama bulan Februari hingga Maret 2022. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan jenis teknik sampling purposive. Adapun kriteria responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah berusia minimal 17 tahun serta pernah mengonsumsi dan membeli kerupuk udang merek Qonjamadu minimal sekali dalam satu tahun terakhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara menggunakan kuesioner online maupun kuesioner offline saat kondisi memungkinkan. Teknik analisis data yang telah terkumpul yaitu uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif dan analisis model sikap multiatribut Fishbein. Adapun atribut yang diuji dalam penelitian ini yaitu berupa harga produk, rasa, tekstur, kemasan, kebersihan serta kemudahan memperoleh produk. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh responden sebanyak 70 orang baik dari penelitian offline maupun online. Responden dalam penelitian ini didominasi oleh responden perempuan dengan presentasi 64% dan usia responden didominasi oleh kelompok usia 20-29 tahun dengan persentase 54%. Responden juga didominasi oleh kelompok pelajar atau mahasiswa dengan tingkat pendidikan terakhir sma hingga sarjana. Sedangkan responden dalam akses pembelian produk Qonjamadu rata-rata membeli langsung pada outlet Qonjamadu di Desa Sawohan. Adapun hasil analisis multi atribut Fishbein yang pertama yaitu evaluasi kepentingan atribut. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi kepentingan atribut oleh konsumen (ei) secara berurutan yaitu kebersihan produk, kemasan, tekstur, harga, rasa dan kemudahan memperoleh. Atribut yang memiliki nilai kepentingan tertinggi adalah atribut kebersihan produk. Apabila Qonjamadu memperhatikan kebersihan produk yang disajikan kepada konsumen akan mendukung keputusan pembelian konsumen, karena dengan memperhatikan v kebersihan maka kualitas dari produk yang dijual akan meningkat juga sehingga lebih diminati oleh konsumen. Selanjutnya hasil analisis tingkat keyakinan konsumen terhadap atribut Qonjamadu (bi) dengan secara berurutan yaitu kemasan, kebersihan, tekstur, rasa, harga dan kemudahan memperoleh. Atribut yang memiliki nilai keyakinan tertinggi adalah atribut kemasan. Konsumen meyakini bahwa kemasan kerupuk udang Qonjamadu telah menyediakan informasi terkait produk seperti nama produk, tanggal kadaluarsa/produksi serta kemasan produk dianggap praktis oleh konsumen. Kemasan produk menjadi hal yang penting dalam mendukung pemasaran, dimana kemasan yang baik dapat menciptakan gambaran awal mengenai kualitas sehingga mampu mendorong penjualan. Sedangkan hasil analisis sikap konsumen secara keseluruhan terhadap atribut produk kerupuk udang Qonjamadu adalah baik atau positif dengan nilai 113.55. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen menyukai produk kerupuk udang Qonjamadu. Hasil ini juga menunjukkan bahwa sikap konsumen yang positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, karena sikap positif cenderung mendorong keinginan untuk memilih atau membeli produk yang disukai konsumen tersebut. Hasil analisis mengenai atribut-atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian kerupuk udang Qonjamadu diketahui dari nilai sikap konsumen (Ao) pada masing-masing atribut. Dengan urutan atribut kerupuk udang Qonjamadu yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian yaitu kemasan dengan nilai sebesar 20.51 , kebersihan dengan nilai sebesar 20.47, tekstur kerupuk dengan nilai sebesar 19.71 , rasa kerupuk dengan nilai sebesar 18.39 , harga produk dengan nilai sebesar 18.36 , dan kemudahan memperoleh dengan nilai sebesar 16.11. Selanjutnya terdapat saran yang diberikan oleh penulis dalam penelitian mengenai sikap konsumen kerupuk udang Qonjamadu (1) mengoptimalkan kinerja atribut kemasan dengan meningkatkan desain kemasan yang lebih menarik dan menggunakan standing pouch craft ziplock, (2) memperhatikan atribut kebersihan produk mulai dari proses produksi kerupuk hingga pemasaran, (3) bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan atribut lain seperti nilai gizi dan bebas bahan berbahaya. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menambah butir pertanyaan pada setiap variabel untuk memperoleh hasil yang lebih bai