Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Sayuran Organik Di Abang Sayur Organik

Main Authors: Putri, Berlinda Shinta, Dr. Sujarwo,, SP., MP, Rini Mutisari,, SP., MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196347/1/BERLINDA%20SHINTA%20PUTRI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196347/
Daftar Isi:
  • Rendahnya informasi mengenai sayuran organik menyebabkan rendahnya minat konsumen terhadap sayur organik dan menyebabkan kesejahteraan petani organik rendah. Perusahaan rintisan atau toko khusus produk organik menjadi perantara petani untuk memberikan harga yang lebih rendah sehingga lebih terjangkau oleh konsumen. Sayangnya perusahaan rintisan atau toko khusus produk organik tidak memiliki modal yang cukup untuk mempromosikan produknya. Oleh karena itu diperlukan adanya e-WOM melalui media sosial dari konsumen organik itu sendiri sebagai strategi promosi yang efektif dan tanpa biaya. Untuk menciptakan minat e-WOM diperlukan motivasi altruism yang disebabkan oleh rasa puas konsumen. Kepuasan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan minat e-WOM (Electronic Word of Mouth), pengaruh tidak langsung kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat e-WOM (Electronic Word of Mouth) dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening, serta pengaruh langsung kepuasan konsumen terhadap minat e-WOM (electronic Word of Mouth). Metode sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara langsung menggunakan kuesioner dan tidak langsung (media sosial resmi, website resmi, buku, artikel jurnal, dan dokumentasi). Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling - Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian ini yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif terhadap kepuasan konsumen dan minat e-WOM, kepuasan konsumen memediasi secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat e-WOM namun tidak memediasi pengaruh kualitas produk terhadap minat e-WOM, serta kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat e- WOM. ix Saran yang dapat diberikan yaitu Abang Sayur Organik lebih memperhatikan tahapan pembersihan produk dan penanganan hama tanaman baik pada kebun sendiri maupun mitra tani untuk menciptakan kualitas produk yang semakin baik. Kualitas pelayanan juga perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan menggunakan sistem keluhan dan saran, Lost Customer Analysis, dan memberikan contoh postingan media sosial terait penggunaan fitur Instagram dalam melakukan e-WOM. Saran-saran tersebut harapannya dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan kesediaan dalam melakukan e-WOM di Instagram. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dapat menggunakan variabel bebas, variabel mediasi, lokasi penelitian, dan media e-WOM lainnya agar dapat memberikan gambaran lebih jelas terkait variabel yang memicu minat e-WOM dan mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik untuk perkembangan sayuran organik kedepannya. Dalam penyusunan instrumen, disarankan peneliti lebih menjelaskan tentang makna dari setiap skala di masing-masing indikator dan lebih memperhatikan pilihan jawaban terkait karakteristik esponden.