Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kafe Euforiakopi.Ku Di Kota Kisaran
Main Authors: | Wijayakusuma, Bayu Nur, Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan,, MS, Andrean Eka Hardana,, SP., MP. MBA. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196346/1/Bayu%20Nur%20Wijayakusuma.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196346/ |
Daftar Isi:
- Saat ini keberadaan sebuah kafe sangat mudah ditemukan disetiap sudut kota, kafe menjadi sebuah kebutuhan baru yang tumbuh di masyarakat. Pertumbuhan bisnis akomodasi makanan dan minuman seperti kafe juga sangat menigkat di Kota Kisaran, dimana pertumbuhan bisnis ini meningkat sebesar 6,66% pada tahun 2019, dan ini menjadi salah satu sektor usaha yang memilki laju pertumbuhan yang cukup pesat. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan peneliti tentang Bagaimana physical product, psychological product, dan customer service product secara keseluruhan pada kafe Euforiakopi.Ku dan Bagaimana Pengaruh physical product, psychological product, dan customer service product terhadap keputusan pembelian produk di kafe Euforiakopi.Ku dengan fokus batasan masalah mengacuh pada variabel independen (physical product, psychological product,customer service product ) beserta pada responden yang telah berkunjung dan memberi produk pada kafe tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan physical product, psychological product, dan customer service product yang berpengaruh secara keseleruhan pada kafe Euforiakopi.Ku dan Menganalisis pengaruh physical product, psychological product, dan customer service product terhadap keputusan pembelian produk di kafe Euforiakopi.Ku. Metode penentuan pengambilan sampel dalam penelitian ini secara Non- probability sampling dengan metode purposive sampling dimana pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu agar sampel yang dipilih benar-benar respresentative dan penentuan jumlah sampel pada penelitian ini mengikuti saran dari teori Roscoe. Penelitian ini menggunakan data primer (Wawancara Kusioner) dan pengujian instrument pada penelitian ini yaitu dengan uji validitas dan reabilitas. Lalu, metode analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, serta pengujian hipotesis (Uji F & uji T) dengan menggunakan software SPSS ver 25. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan variabel independen berupa Physical product (X1), Psychological product (X2), dan Customer service product (X3) berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F yang telah dilakukan, pada uji F yang dilakukan didapatkan bahwa nilai F-hitung lebih besar dari pada nilai F- tabel (54,589 ≥2,72). Serta diketahui juga nilai koefisien determinasi (R2) pada model regresi ini yaitu sebesar 0,683, nilai ini menunjukkan bahwa 68,3% keputusan pembelian dapat dijelaskan atau dipengaruhi secara keseluruhan oleh variabel independent, kemudian 31,7% sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Lalu Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variable Physical product (X1) tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan variabel Psychological product (X2) dan variabel Customer service product (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Saran yang dapat diberikan pada pihak kafe Euforiakopi.Ku ataupun pelaku usaha sejenis, sebaiknya lebih memperhatikan ke tiga variabel indepenen yang ada pada penelitian ini. Adapun sarannya yaitu: perlunya perbaikan, perhatian khusus dan peningkatakan pada variabel Physical product (X1) yang saat ini tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, salah satunya dengan menyediakan lahan parkir yang lebih luas. Selanjutnya perlunya penigkatan kinerja pada variabel Psychological product (X2) dan variabel Customer service product (X3) agar tetap menjadi faktor penentu keputusan pembelian konsumen. Salah satunya dengan memperbanyak ketersedian menu dan berusaha merespon setiap keluhan dan saran dari konsumen.