Analisis Segmentasi Pasar Pada Usaha Rumah Makan Di Kota Malang
Main Authors: | Sari, Annisya Lintang, Dr. Ir. Syafrial,, MS, Deny Meitasari,, SP., M.Sc. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196331/1/ANNISYA%20LINTANG%20SARI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196331/ |
Daftar Isi:
- Tercatat oleh Badan Pusat Statistik Kota Malang bahwa dari tahun 2019 hingga 2020, unit rumah makan di Kota Malang bertambah hingga 571 unit. Hal ini dapat disebabkan akibat masyarakat Kota Malang memiliki tingkat konsumsi kuliner yang meningkat dari tahun ke tahun yang didasari pada data grafik jumlah pengunjung di Kota Malang oleh Badan Pusat Statistik tahun 2018. Pengembangan usaha menggunakan strategi pemasaran dibutuhkan dan penting untuk pelaku usaha rumah makan di Kota Malang dalam upaya memenangkan persaingan antar rumah makan, mengingat pertumbuhan rumah makan yang cukup signifikan di Kota Malang. Masih banyak usaha rumah makan yang masih belum menerapkan segmentasi pasar dalam kegiatan pemasarannya untuk memenuhi preferensi target konsumen berdasarkan atribut yang dimiliki. Sehingga, pada penelitian ini dilakukan analisis segmentasi pasar pada usaha rumah makan di Kota Malang yang bertujuan untuk menganalisis segmentasi pasar yang terbentuk dan stimuli yang paling disukai pada setiap segmentasi usaha rumah makan di Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 125 responden dengan penentuan sampel bersifat non- probability sampling yang menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat berupa perankingan stimuli atau kombinasi taraf dari atribut yang dibuat menggunakan tahapan Choise-Based Conjoint (CBC) dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Dilakukan metode analisa uji validitas dan reliabilitas, serta analisis data menggunakan analisis cluster, analisis konjoin, dan analisis tabulasi silang atau crosstab. Hasil penelitian menunjukkan segmentasi atau kelompok yang terbentuk yaitu 4 segmentasi. Segmentasi 1 menyukai stimuli 1 yaitu harga makanan dan minuman yang terjangkau, menu yang bervariasi, lokasi yang strategis, pelayanan yang cepat, dan desain interior dan eksterior yang menarik. Segmentasi 2 menyukai stimuli 8 yaitu harga yang terjangkau, makanan dan minuman yang enak, lokasi yang startegis, karyawan ramah, dan tata letak yang membuat nyaman. Segmentasi 3 menyukai stimuli 9 yaitu harga yang sesuai dengan porsi, penyajian menarik, lokasi yang strategis, penampilan karyawan yang rapi, dan desain interior dan eksterior yang menarik. Terakhir, segementasi 4 menyukai stimuli 15 yaitu harga sesuai porsi, penyajian menarik, lokasi yang mudah dijangkau, karyawan ramah, dan tata letak yang membuat nyaman.