Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Investment Behavior Masyarakat Kota Malang Dalam Berinvestasi Emas Batangan
Main Authors: | Adela, Talitha Yumnaa Indraswari, Aminullah Achmad M, .M.Sc.Fin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196297/1/Talitha%20Yumnaa%20Indraswari%20Adel.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196297/ |
Daftar Isi:
- Investasi emas batangan di Kota Malang sekarang ini tengah mengalami trend peningkatan. Trend peningkatan ini bisa saja terjadi karena karakteristik dari investasi emas batangan memiliki daya tarik bagi investor karena emas dapat mempertahankan nilai. Investasi emas yang baik dan aman adalah emas fisik seperti emas batangan dibanding berinvestasi emas dalam bentuk saham maupun digital (memegang lisensi). Penelitian ini menggunakan 5 faktor yaitu, secure investment, expected higher returns, Islamic financial literacy, trait anger, dan trait anxiety. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi investment behavior masyarakat Kota Malang dalam berinvestasi emas batangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang mempunyai 47 butir pertanyaan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Malang yang berusia 17- 75 tahun yang berinvestasi emas batangan. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability dan accidental sampling method. Terdapat 99 responden dalam penelitian ini. Hasil menunjukan bahwa R2 atau determinan coefficient ke-lima faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah 56.3%. Kemudian faktor secure investment, Islamic financial literacy, dan trait anxiety berpengaruh signifikan terhadap investment behaviour masyarakat Kota Malang dalam berinvestasi emas batangan. Di sisi lain faktor expected higher returns dan trait anger tidak berpengaruh signifikan