The Analysis Of Individual’s Behavioral Intention And Use Behavior In Using Ovo Based On Utaut 2
Main Authors: | Lail, Fatimatul, Dr. Zaki Baridwan,, Ak., CA., CPA., CLI., |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196292/1/FEB_FATIMATUL%20LAIL_.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196292/ |
Daftar Isi:
- Gaya hidup Cashless bertumbuh sangat pesat. Dompet elektronik yang merupakan sebuah inovasi atas uang elektronik seperti OVO dapat mebuat transaksi kita menjadi lebih efektif dan efisien. Namun, keberhasilan penerapan OVO sebagian besar tergantung pada seberapa banyak konsumen yang termotivasi penuh untuk mengadopsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku dan perilaku penggunaan konsumen untuk menggunakan OVO. Model yang diusulkan memiliki faktor-faktor dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data dikumpulkan menggunakan metode survei, yaitu kuesioner. Responden adalah 328 mahasiswa S1 aktif dari jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Brawijaya University. Data penelitian dan hipotesis dianalisis menggunakan model persamaan struktural (SEM) berdasarkan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat perilaku untuk menggunakan mobile banking dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh Ekspektai kinerja, Motivasi Hedonis dan Kebiasaan, serta, minat perilaku juga mempunyai pengaruh yang kuat dan positif terhadap perilaku penggunaan dari pengguna OVO. Sebaliknya, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan nilai harga tidak memengaruhi minat perilaku pengguna untuk menggunakan OVO. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi oleh Ekspektai kinerja, Motivasi Hedonis dan Kebiasaan, semakin tinggi efek terhadap minat untuk menggunakan OVO, dan semakin tinggi minat untuk menggunakan OVO, semakin tinggi efek terhadap perilaku pengguna dalam menggunakan OVO.