Literatur Review: Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Prasekolah

Main Authors: Wulandari, Septia, Dr. Dra. Asmika, SKM, M.Kes, dr. Astri Proborini, Sp.A., M.Biomed
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196291/1/Septia%20Wulandari.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196291/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Usia anak prasekolah (3-6 tahun) merupakan masa penting bagi perkembangan anak. Salah satu bentuk stimulasi untuk meningkatkan perkembangan anak termasuk keterampilan sosial ialah dengan pendidikan anak usia dini. Namun, tidak semua anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan usia dini dan memiliki interaksi sosial yang baik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan kemampuan interaksi sosial pada anak usia prasekolah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Literature Review. Sebanyak 10 artikel yang masuk dalam kriteria inklusi kemudian dianalisis. Hasil: Didapatkan hasil bahwa pendidikan usia dini mampu meningkatkan kemampuan sosial pada anak prasekolah. Intervensi yang diberikan dalam pengaturan kelas yang terstruktur efektif meningkatkan kemampuan interaksi anak prasekolah. Kesimpulan: Pendidikan anak usia dini berpengaruh terhadap tingkat kemampuan sosial anak. Stimulasi dengan berbagai intervensi dan pengaturan kelas yang baik efektif mampu meningkatkan tingkat kemampuan sosial anak.