Peran Spiritual Work Motivation Dalam Memediasi Pengaruh Budaya Organisasi, Iklim Organisasi Dan Etos Kerja Islami Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Pondok Pesantren Di Wilayah Madura

Main Authors: Rahmah, Mirhamida, Prof. Dr. Noermijati,, S.E., MTM., CPHR, Prof. Dr. Achmad Sudiro,, S.E., M.E., CPHR, Dr. Mintarti Rahayu,, S.E., M.S., CSRS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196236/1/Mirhamida%20Rahmah.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196236/
Daftar Isi:
  • Guru pondok pesantren dituntut memiliki kinerja yang baik agar dapat memuaskan harapan dan keinginan semua pihak terutama masyarakat yang telah mempercayakan pendidikan putra/putrinya kepada sekolah dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam pengaruh langsung dan tidak langsung antara budaya organisasi, iklim organisasi dan etos kerja Islami terhadap kinerja guru melalui spiritual work motivation. Penelitian ini dilakukan pada guru pondok pesantren di Wilayah Madura dengan menggunakan sampel sebanyak 196 responden dan teknik sampling menggunakan proportional area random sampling, serta teknik analisis menggunakan partial least square dengan program Smart PLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, budaya organisasi dan iklim organisasi secara langsung tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, sedangkan etos kerja Islami dan spiritual work motivaton secara langsung berpengaruh terhadap kinerja guru. Kedua, spiritual work motivaton mampu berperan sebagai mediasi sempurna pada pengaruh budaya organisasi dan iklim organisasi terhadap kinerja guru dan mampu berperan sebagai mediasi sebagian pada pengaruh etos kerja Islami terhadap kinerja guru. Kebaruan pada penelitian ini adalah spiritual work motivation yang mengembangkan konsep motivasi kerja menjadi spiritual work motivation dengan berlandaskan Alquran dan As-Sunnah serta prinsip-prinsip dasar pondok pesantren sesuai dengan konteks penelitian, yaitu lembaga pondok pesantren. Dari hasil penelitian ini, maka diharapkan agar dimanfaatkan untuk mendorong motivasi guru ke arah pencapaian kinerja yang lebih tinggi.